Manfaat Dan Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat

Manfaat Dan Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat - Jerawat adalah masalah kulit yang tak bisa kita hindari. Semua manusia yang hidup didunia ini pasti pernah mengalami masalah jerawat. Ya jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami semua orang, terutama kaum remaja. Jerawat walaupun hanya benjolan kecil, namun berdampak besar pada penampilan seseorang. Hal ini karena jerawat dapat merusak penampilan seseorang.

Jerawat sendiri sebenarnya mudah untuk kita atasi, namun jerawat juga kerap kembali lagi, dan yang lebih menjengkelkan ketika jerawat meradang dan pecah, kemudian meninggalkan bekas, tentu hal tersebut akan menyebabkan masalah baru pada kulit wajah yaitu masalah bekas jerawat. 

Meskipun demikian anda tak perlu khawatir, ada banyak cara untuk mengatasi masalah jerawat, salah satu cara ampuh untuk mengatasi masalah jerawat yaitu dengan menggunakan baking soda. Banyak orang yang tidak tau jika baking soda atau soda kue dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah jerawat. 
Manfaat Dan Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat
Manfaat Dan Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat


Namun untuk menggunakan baking soda untuk mengatasi jerawat, harus melalui pengujian terlebih dulu. Hal ini dikarenakan banyak orang yang tak mengerti dengan jenis kulit yang mereka miliki, sehingga kulit rentan dengan kerusakan. Dibutuhkan waktu cukup lama untuk mengembalikan kerusakan pada kulit. Untuk itu sebelum menggunakan baking soda untuk kulit wajah, baiknya anda coba dulu pada kulit lainnya seperti ditengkuk dan biarkan beberapa menit. Jika terasa panas segera dibersihkan dan baking soda tidak cocok untuk jenis kulit anda. Namun Jika tak ada keluhan, anda bisa menggunakakan banking soda untuk mengobati jerawat.

Ada beberapa cara untuk menggunakan baking soda dalam perawatan kecantikan, terutama untuk mengobati jerawat. Berikut beberapa cara alami mengatasi jerawat dengan baking soda.

Mengobati jerawat

Untuk mengobati jerawat dengan baking soda yaitu campurkan baking soda dengan air secukupnya, aduk hingga menjadi pasta kental. Aplikasikan pada kulit wajah, gosok secara perlahan dan diamkan selama 15 menit. Baking soda akan membuka pori-pori kulit dan memberihkan kotoran yang menyumbat pori-pori sehingga dapat mengatasi jerawat serta komedo. Setelah 15 menit, bilas dengan air hingga bersih.

Mencegah bekas jerawat

Baking soda selain dapat mengobati jerawat juga dapat mencegah bekas jerawat serta mencegah munculnya bintik-binik hitam pada kulit wajah akibat luka jerawat. Cara menggunakannya yaitu anda campurkan baking soda dengan air perbandingan 1:3, aduk rata hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada kulit wajah, diamkan selama semalam, dan bilas ke esukan harinya. 

Menghilangkan bekas jerawat

Jika bekas jerawat sudah terlanjur muncul pada kulit wajah, anda tak perlu khawatir, anda dapat menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan baking soda. Caranya yaitu dengan menjadikan baking soda sebagai scrub. Campurkan baking soda dengan pembersih wajah biasa, kemudian aplikasikan pada kulit wajah sambil gosok secara lembut, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Bahaya baking soda untuk jerawat dan kulit wajah

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dimana sebelum menggunakan baking soda, baiknya anda melakukan pengujian terlebih dahulu dan anda rasakan reaksi dari baking soda tersebut. Jika anda tak merasakan keluhan, maka anda dapat menggunakan baking soda dalam mengobati jerawat. Namun jika anda merasakan keluhan dan anda tetap menggunakan baking soda, akan berdampak buruk pada kulit anda.

Baking soda merupakan bahan kimia yang dapat membersihkan, dan mencerahkan kulit dengan cepat. Namun baking soda terbuat dari bahan yang bersifat keras. Baking soda dapat menjadi sangat berbahaya ketika digunakan dengan dosis yang tinggi. Adapun bahaya penggunakan baking soda yang terlalu banyak diantaranya adalah menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit epidermis, menyebabkan bengkak atau iritasi pada kulit, menyebabkan kulit kering dan beruam, menyebabkan bekas permanen, kulit kusam dan lain sebagainya.

Jadi kesimpulannya, baking soda aman digunakan dengan dosis yang pas, dan sebelum penggunaan, anda baiknya melakukan pengujian terlebih dulu pada bagian kulit anda lainnya.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Dan Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Manfaat Dan Bahaya Baking Soda Untuk Jerawat"

Post a Comment