Inilah Penyebab Jerawat Yang Wajib Kita Ketahui

Penyebab Jerawat Yang Wajib Kita Ketahui - Kita semua pasti akan dibuat kesal ketika jerawat tiba-tiba muncul dikulit wajah kita. Jerawat meskipun bukan penyakit berbahaya dan hanyalah sebuah benjolan kecil, namun jerawat dapat merusak penampilan kita. Tidak hanya itu saja, jerawat juga kerap membuat kita merasa tidak nyaman dan gatal, sehingga hal tersebut akan menganggu sekali. 

Kemunculan jerawat memang tidak bisa kita prediksi. Jerawat bisa muncul kapan saja dan secara tiba-tiba. Hal ini tentu akan membuat kita sangat kesal jika jerawat muncul disaat moment-moment penting. Untuk menghindari hal tersebut, tentu kita harus melakukan pencegahan agar jerawat tidak muncul dikulit wajah kita.

Untuk mencegah agar jerawat tidak muncul pada kulit wajah kita. Hal pertama yang harus kita ketahui adalah apa saja yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Dengan mengetahui penyebab jerawat tersebut, kita akan dengan mudah untuk melakukan pencegahan. Lalu apasajakah yang menjadi faktor penyebab jerawat muncul pada kulit wajah kita?

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Faktor-faktor tersebut wajib kita ketahui agar kita lebih mudah dalam melakukan pencegahan jerawat. Lalu apasajakah yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah kita. Berikut Penyebab Jerawat Yang Wajib Kita Ketahui.
Inilah Penyebab Jerawat Yang Wajib Kita Ketahui
Penyebab Jerawat Yang Wajib Kita Ketahui

1. Jerawat disebabkan karena masa puper atau masa remaja

Penyebab umum munculnya jerawat pada kulit wajah kita  yaitu dikarenakan kita memasuki masa puber atau masa remaja yaitu usia 17 tahunan. Pada usia tersebut, kulit akan memproduksi minyak lebih banyak, sehingga akan menyumbat pori-pori kulit wajah yang menyebabkan peradangan sehingga munculah jerawat. Selain itu masa puber juga akan mengalami perubahan hormon pada tubuh seperti menstruasi, atau hamil. Usia puber ini juga sering mengalami masalah kulit lainnya seperti kulit berminyak, kulit kering, komedo dan lain sebagainya. Dalam hal ini kita diwajibkan untuk rajin membersihkan atau mencuci kulit wajah kita agar terhindar dari masalah jerawat.

2. Jerawat disebabkan karena faktor genetik

Faktor genetik atau faktor keturunan juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah kita. Jika ayah atau ibu kita berlangganan memiliki jerawat, besar kemungkinan kita juga akan mengalami hal yang sama, yaitu sering berjerawat. Penyebab jerawat karena faktor genetik atau keturunan ini sulit kita hindari. Kita harus melakukan perawatan khusus atau berkonsultasi pada dokter spesialis kulit.

3. Jerawat disebabkan karena stress

Stres dan jerawat, kedua hal tersebut sepertinya tidak bisa dipisahkan. Stres menjadi salah satu penyebab utaman munculnya jerawat, bahkan beberapa dokter menyimpulkan bahwa stres memperburuk keadaan jerawat. Hal ini dikarenakan stres meningkatkan kadar androgen yaitu hormon yang memicu munculnya jerawat atau komedo. Dalam hal ini, kita harus bisa mengontrol emosi kita saat kita mengalami banyak masalah atau beban pikiran.

4. Jerawat disebabkan karena alergi

Jerawat muncul juga dikarenakan alergi. Banyak orang mengalami alergi terhadap sesuatu seperti bulu binatang, debu, makanan tertentu yang menyebabkan kulit mereka terasa gala dan memerah. Hal tersebut juga bisa menjadi penyebab jerawat. Jika anda salah satu orang yang memiliki alergi, baiknya anda hindari hal yang membuat anda alergi untuk mencegah munculnya jerawat.

5. Jerawat disebabkan karena make up atau produk kecantikan

Penggunaan make up bertujuan untuk mempercantik wajah kita. Namun ada beberapa jenis make up yang justru dapat membuat kulit wajah kita menjadi rusak seperti munculnya jerawat. Make up tersebut bisa jadi karena tidak cocok dengan jenis kulit kita atau memang make up yang mengandung bahan kimia berbahaya. Penggunaaan make up yang tidak susuai dengan jenis kulit atau mengandung zat kimia berbahaya akan berdampak buruk bagi kulit dan kesehatan kita. Untuk itu, jika anda merasa tidak cocok dengan make up yang anda gunakan, baiknya anda hentikan penggunaan make up tersebut.

6. jerawat disebabkan karena kebiasaan menyentuh kulit wajah

Kebiasaan menyentuh kulit wajah tentu tidak baik untuk kecantikan kulit wajah. Hal ini dikarenakan kuman atau kotoran yang terdapat pada tangan akan berpindah pada kulit wajah hingga akhirnya menyebabkan masalah pada kulit wajah seperti munculnya jerawat atau komedo. Hal ini akan semakin parah ketika anda  memiliki kulit sensitiv. Untuk itu, anda hentikan kebiasaan menyentuh kulit wajah.

7. Jerawat disebabkan karena pola makan atau diet

Pola makan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh kita, begitu juga dengan kesehatan kulit. Ya, pola makan atau makanan yang kita konsumsi bisa menjadi masalah bagi kecantikan kulit wajah seperti jerawat. Makanan yang mengandung lemak atau minyak seperti gorengan, telur, kacang-kacangan, makanan bersantan, produk susu dan lain sebagainya menjadi penyebab munculnya jerawat. Makanan tersebut meningkatkan produksi minyak pada kulit sehingga membuat kulit menjadi berminyak hingga akhirnya menyebabkan jerawat. Untuk itu, baiknya anda hindari mengkonsumsi makanan-makanan tersebut.

8. Jerawat disebabkan Minuman bersoda

Selain makanan, ada juga beberapa minuman yang menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah kita. Minuman yang dapat menyebabkan jerawat yaitu minuman bersoda dan alkohol, keduanya dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh, dan keduanya juga mengandung aspartame yang memicu munculnya jerawat. Minuman bersoda dan beralkohol juga tidak baik untuk kesehatan, baiknya anda hindari saja.

9. Jerawat disebabkan Obat-obatan

Jerawat juga bisa disebabkan karena obat. Ada beberapa jenis obat yang memiliki efek samping jerawat. Obat tersebut yaitu obat yang mengandung kortikosteroid, androgen, atau lithium. Selain itu, jika anda alergi terhadap obat tertentu juga dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Nah, demikianlah informasi tentang penyebab jerawat yang wajib kita ketahui. Dengan mengetahui penyebab-penyebab tersebut, akan lebih mudah bagi kita untuk melakukan pencegahan atau pengobatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Inilah Penyebab Jerawat Yang Wajib Kita Ketahui"

Post a Comment